-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar


Rabu, Juni 26, 2024

Berantas Buta Aksara, Lapas Tolitoli Rutin Laksanakan Program Pembinaan Baca Tulis

Berantas Buta Aksara, Lapas Tolitoli Rutin Laksanakan Program Pembinaan Baca Tulis

METRO ONLINE Tolitoli- Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli Kanwil Kemenkumham Sulteng, Syafruddin Basirun memandu langsung kegiatan belajar baca tulis WBP Lapas Tolitoli. Rabu (26/06/2024).

Kemampuan membaca, menulis dan berhitung adalah hal yang mendasar yang harus dimiliki setiap orang. Lembaga Pemasyarakatan yang merupakan tempat pembinaan narapidana juga mempunyai keharusan dan peranan penting untuk membina warga binaannya untuk memiliki kemampuan baca tulis agar nanti bermanfaat ketika selesai menjalani masa pidananya kelak. 

Pendidikan dan pengajaran yang diberikan Lapas merupakan salah satu hak Warga Binaan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan pada pasal 9 poin c yang menerangkan Narapidana berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran, dan kegiatan rekreasional serta kesempatan mengembangkan potensi.

Atas dasar hal tersebut, Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Tolitoli rutin melaksanakan program pembinaan baca tulis kepada warga binaan pemasyarakatan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari rabu diruang perpustakaan Lapas Tolitoli. Kali ini kegiatan dipandu langsung oleh Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Tolitoli Bapak Syafruddin Basirun, kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan warga binaan sangat antusias dan bersemangat mengikutinya. “sesuai tugas dan fungsi kami sebagai petugas pemasyarakatan kegiatan pembinaan baca tulis ini rutin kami laksanakan di Lapas Tolitoli. Hari ini warga binaan sangat antusias dan penuh semangat mengikuti kegiatan meskipun beberapa dari mereka sudah berumur. Memang agak kesulitan awalnya, walau demikian kita tetap berusaha sebaik mungkin agar mereka dapat benar-benar bisa mengerti nantinya” ucap Syafruddin.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved