-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar


Minggu, Agustus 18, 2024

Wajah Baru Paspor Indonesia di HUT RI, Menteri Hukum dan HAM Apresiasi Kinerja Ditjen Imigrasi

Wajah Baru Paspor Indonesia di HUT RI, Menteri Hukum dan HAM Apresiasi Kinerja Ditjen Imigrasi

METRO ONLINE JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menyematkan warna benderakebangsaan Indonesia, merah putih dalam desain baru paspor Republik Indonesia yangdiumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Ke-79 RI, Sabtu(17/08/2024).

Pada Launching Desain Baru Paspor RI yang bertempat di HotelIndonesia Kempinski, Jakarta, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laolymenyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Ditjen Imigrasi yang semakin baik danbanyak membawa perubahan positif, terutama desain paspor yang baru sekaligusmenjadi duta budaya Indonesia di dunia internasional.

“Saya mengapresiasi kinerja Dirjen Imigrasi dan jajaran yang banyak membawaperubahan positif, terutama paspor dengan desain yang baru ini, yang tidak hanyamenjadi identitas kita saat ke luar negeri, melainkan juga menjadi duta budaya yangmemperkenalkan keindahan dan keunikan Indonesia kepada dunia”, tutur Menkumhamdalam sambutannya.

Mendukung pernyataan tersebut, Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menjelaskanbahwa desain baru paspor RI lebih dari perubahan warna sampul semata. Standar danrekomendasi internasional yang ditetapkan dalam The International Civil AviationOrganization (ICAO) Annex 9 tentang Facilitation Bab 3, Subbab C menegaskan bahwasetiap negara anggota harus secara berkala memperbarui teknik dan fitur pengamanpaspor sesuai dengan perkembangan terbaru. Hal ini dilakukan untuk menghindariupaya pemalsuan, replikasi, penggantian/penghapusan data dan modus operandipemalsuan paspor lainnya. Perubahan dan peningkatan desaipaspor tersebut,sebutnya, dilakukan sebagai respon dan adaptasi dengan perubahan lingkunganstrategis keimigrasian yang meliputi aspek politik, hukum, sosial, budaya, dankeamanan.“Paspor desain baru ini dikhususkan untuk e-paspor. Ada peningkatan dari sisi kualitasbahan baku, penambahan jenis serta jumlah fitur pengaman. Dokumen perjalananharus memuat teknik dan fitur pengaman yang mampu melindungi dari berbagai upayapemalsuan, termasuk penggantian dan penghilangan halaman buku paspor, khususnyadi halaman biodata,” ungkap Dirjen Imigrasi.

Kombinasi fitur pengaman yang disematkan pada desain baru paspor RI antara laincover yang kuat panas, fleksibel dan mampu melindungi chip. Halaman biodata pasporterbuat dari beberapa lapis polikarbonat dan diberikan coating untuk melindungipermukaannya. Selain itu, kertas buku paspor juga berpengaman dan sensitif terhadapkimia. Tinta yang digunakan meliputi tinta kasat mata dan tinta tidak kasat mata(fluorescent ink dan infra red ink) yang berpendar di bawah sinar ultraviolet. Teknologitinta tersebut juga diterapkan pada benang jahitan buku paspor yang terbuat dari tigawarna.

“Dari sisi tampilan, desain lembar paspor menggunakan motif kain khas setiap daerahdi Indonesia, dan motif tersebut akan berubah bentuk apabila dilihat dengan sinar UV,”lanjut Silmy.

Peluncuran desain baru paspor merupakan upaya dari sisi keimigrasian dalammemperkuat paspor Republik Indonesia. Penggunaan kombinasi fitur pengaman, bahanbaku, dan teknik terbaru lainnya menjadi perhatian utama untuk memastikan bahwapaspor dapat terlindungi selama digunakan untuk melakukan perlintasan antar negara.Dengan demikian, proses otentikasi dokumen perjalanan lebih mudah. Hal tersebutakan memudahkan apabila paspor diperlukan sebagai bukti fisik yang dapat digunakansebagai alat bukti di persidangan.

Sepanjang perjalanan berdirinya Imigrasi Indonesia sejak tahun 1945 hingga saat ini,paspor Republik Indonesia telah mengalami beberapa kali penggantian warna sampul(cover). Pada tahun 1945-1958, paspor RI berwarna abu-abu terang. Selanjutnya,tahun 1959-1982 warnanya berganti menjadi biru, dan pada 1983 warna sampulpaspor berganti menjadi hijau. Di tahun 1995 warna sampul paspor diubah menjadihijau tua, dan satu dekade terakhir yakni 2014 hingga sekarang, warna sampul pasporRI adalah biru kehijauan.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved