-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar


Rabu, September 04, 2024

Kasi Bimnadik Hadiri Dialog Interaktif RRI Tolitoli, "Ditangan Kreatif Warbinpas, Batok Kelapa Menjadi Barang Bernilai Jual Tinggi

Kasi Bimnadik Hadiri Dialog Interaktif RRI Tolitoli, "Ditangan Kreatif Warbinpas, Batok Kelapa Menjadi Barang Bernilai Jual Tinggi

METRO ONLINE Tolitoli- Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik & Kegiatan KerjaLembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli Kanwil Kemenkumham Sulteng Feldianto hadir sebagai narasumber dalam Dialog Interaktif dengan topik Memaksimalkan Potensi Sumber Daya Kelapa di Daerah. Selasa (03/09/2024).

Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat pembinaan narapidana yang sedang menjalani masa pidananya, di dalam Lapas narapidana diberikan pembinaan dan pelatihan kemandirian yang dengan itu warga binaan dapat dengan terampil menyalurkan bakat dan menghasilkan produk dari sumber daya kelapa. Bahan dasar dari beberapa kerajinan tangan karya warga binaan merupakan batok kelapa yang seharusnya menjadi sampah. 

Hadir sebagai narasumber dalam Dialog Interaktif dengan topik Memaksimalkan Potensi Sumber Daya Kelapa di Daerah Kasi Bimnadik Lapas Tolitoli, Feldianto memperkenalkan produk hasil karya narapidana di Lapas Tolitoli, dalam dialog tersebut ia menjelaskan proses pembinaan keterampilan sampai dengan produk dari bahan dasar batok kelapa warga binaan yang sudah terjual diberbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Tujuan kedepannya berkat upaya pelatihan serta pembinaan Lapas akan menjadi tempat industri. Maksudnya ialah Lapas dapat meningkatkan kemandirian dan di Lapas dapat dihasilkan berbagai produk yang dapat menyumbang pendapatan negara lewat PNBP, di Lapas Tolitoli sendiri warga binaan kami menghasilkan produk UMKM yaitu berbagai kerajinan tangan yang berbahan dasar batok kelapa diantaranya papan catur, kotak tissue, asbak rokok dll. Produk warga binaan kami juga sudah dipasarkan diberbagai daerah diseluruh Indonesia dan juga sudah dipasarkan dan dapat kita lihat di E-Katalog LKPP dan platform pemasaran digital” Ujar Muhammad Ishak.

Dengan demikian, Lapas Kelas IIB Tolitoli telah terlibat dalam upaya Memaksimalkan Potensi Sumber Daya Kelapa di Daerah Khususnya Kabupaten Tolitoli.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved