-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar


Sabtu, September 28, 2024

PIPAS Cabang Lapas IIA Parepare Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

PIPAS Cabang Lapas IIA Parepare Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

METRO ONLINE PAREPARE- Berempat di Masjid At Taubah Lapas IIA Parepare PIPAS Cabang Lapas IIA Parepare Menggelar Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2024/1446 H. Dengan mengangkat tema : "Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2024/1446 H Memperkuat Cinta Kepada Nabi Muhammad SAW Dengan Meneladhani Sifat-Sifatnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari." Sabtu, 28 September 2024.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh perwakilan dari WBP Perempuan, dilanjutkan sambutan Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH dan ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh Ustadzah Nurul Fajriani, S.PSi, M.Si yang merupakan dosen BKI IAIN Parepare sekaligus anggota PIPAS serta istri dari petugas Lapas IIA Parepare Sdr. Marsi.

Undangan dihadiri oleh Kepala Lapas IIA Parepare didampingi oleh seluruh Pejabat Struktural Eselon IVA VA dan Pejabat Fungsional Umum serta tertentu lainnya, Anggota PIPAS Cabang Lapas IIA Parepare, Mahasiswa IAIN Parepare dan Warga Binaan Pemasyarakatan. 

Dalam sambutannya, Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua PIPAS Cabang Lapas IIA Parepare beserta seluruh anggotanya yang telah menyelenggarakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hari ini. Kepala Lapas IIA Parepare menaruh harapan agar seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini dapat meneladani Akhlakul Karimah Baginda Nabi Muhammad SAW. Melalui peringatan Maulid kali ini, kita semua diajak untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT membentuk karakter yang lebih baik dalam perikehidupan sehari-hari. Kepala Lapas IIA Parepare juga menegaskan bahwa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk ungkapan rasa bahagia dan penghormatan terhadap kehadiran beliau. Memperkuat kembali rasa cinta kepada Rasulullah Baginda Nabi Muhammad SAW. Ini merupakan hal penting bagi setiap mukmin, karena kecintaan kepada Nabi adalah bagian tak terpisahkan dari iman. Semoga perjalanan PIPAS Cabang Lapas IIA Parepare mendapatkan barokah dan syafaat dari Allah SWT. 

Ceramah Maulid yang disampaikan Ustadzah Nurul Fajriani, S.PSi, M.Si yang merupakan dosen BKI IAIN Parepare semakin menambah Khidmatnya acara ini. Beliau mengajak seluruh hadirin untuk merenungkan kembali ajaran-ajaran Islam, terkhusus kisah keteladanan Rasulullah Nabi Muhammad SAW.  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hanyalah merupakan format, sedangkan hakikatnya adalah bershalawat, membaca sejarah perjuangan Rasulullah, melantunkan ayat Al-Qur'an, berdoa bersama dan kadang diisi dengan ceramah agama yang mana perbuatan-perbuatan semacam ini sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an maupun Hadits. Sedangkan hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw adalah mengajak umat Islam untuk melanjutkan perjuangan Nabi sekaligus menambah rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Dan tujuan  Nabi Muhammad Saw adalah mengikuti semua ajaran Al Quran dan sunnah untuk diterapkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan tema peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H. Nilai moral Maulid Nabi mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak dan sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW, seperti kesabaran, kejujuran, kasih sayang dan keadilan. Menurut Ustadzah Nurul Fajriani harapan setelah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bagi organisasi adalah sebagai berikut : 

a. Meningkatkan rasa cinta kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, 

b. Melestarikan budaya dan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,

c. Memperkokoh tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah. 

Sementara itu Ketua PIPAS Cabang Lapas IIA Ny. Nurhayati Totok Budiyanto mengatakan bahwa dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2024/1446 H diharapkan kita sebagai umat muslim dapat mencontoh keteladanan Nabi Muhammad SAW. Juga meneladani kisah hidup Rasulullah SAW dan meneladani sifat-sifat terpuji serta ajaran-ajaran yang beliau sampaikan. Selain itu menjadikan momen ini untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta Rasul-Nya. 

Seluruh pelaksaanaan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW penuh khidmat, berjalan lancar dan tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Lapas IIA Parepare terus mendukung Rencana Kerja dan Program Kerja PIPAS Cabang Lapas IIA Parepare.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved