-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar


Selasa, Oktober 01, 2024

Lapas IIA Parepare Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Lapas IIA Parepare Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

METRO ONLINE PAREPARE- Bertempat di Lapas IIA Parepare telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Selasa, 01 Oktober 2024.

Dasar pelaksanaan surat Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor : SEK-UM.04.01-1139 tanggal 27 September 2024 tentang Pedoman Peringatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 dilingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Komandan Upacara Muhammad Basir, S.AP selaku Kasubsi Registrasi.

Adapun pelaksana dan peserta Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 kolaborasi Petugas Lapas IIA Parepare, Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas IIA Parepare dan Mahasiswa IAIN Kota Parepare. 

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, dengan tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas” terlaksana penuh khidmat. Tema tersebut sejalan dengan visi Indonesia yang ingin mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan menjadikan Pancasila sebagai landasannya.  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pantjasila. Tujuannya untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup bangsa Indonesia. 

Kepala Lapas IIA Parepare dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia. Diharapkan kepada petugas dan Warga Binaan Lapas IIA Parepare untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dan merefleksikan arti kesaktian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Pancasila harus tetap menjadi pilar kekuatan bangsa Indonesia dalam menjalani perjalanan sejarahnya. Tidak hanya menjadi peristiwa bersejarah yang menghargai nilai-nilai dasar negara, tetapi juga menjadi momen yang menggugah semangat persatuan dalam mengejar perubahan positif di tengah-tengah masyarakat yang beragam. Kegiatan seperti ini memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya toleransi, saling pengertian dan semangat gotong royong bagi semua yang terlibat. Kepada petugas dan Warga Binaan Lapas IIA Parepare untuk tetap menanamkan kearifan lokal Bugis-Makassar merupakan panduan kehidupan yang bertujuan agar masyarakat yang mengamalkannya dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik yaitubSipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge yang memiliki sebuah arti saling menghormati, saling menghargai dan saling mengingatkan.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved