METRO ONLINE Tolitoli – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli, Muhammad Ishak bersama pejabat struktural, mengikuti pengarahan secara virtual oleh Direktur Kepatuhan Internal Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Bapak Lilik Sujandi. Pengarahan ini membahas tentang kesiapan layanan kunjungan bagi warga binaan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1446 H. Kamis, (27/03/2025).
Dalam kegiatan tersebut, Direktur Kepatuhan Internal memberikan arahan tentang peningkatkan kualitas pelayanan serta memastikan kepatuhan petugas dalam pelaksanaan layanan kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1446 H di Lapas dan Rutan. Beliau juga menegaskan pentingnya penerapan standar operasional prosedur (SOP) dalam pelayanan kunjungan Idul Fitri, termasuk aspek keamanan, transparansi, dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia diminta memastikan layanan kunjungan berjalan tertib, aman, serta memberikan kenyamanan bagi keluarga warga binaan.
Menanggapi arahan tersebut, Muhammad Ishak menyampaikan bahwa Lapas Tolitoli siap melaksanakan arahan dari Bapak Direktur Kepatuhan Internal guna mendukung kelancaran layanan kunjungan selama perayaan Idul Fitri.
“Kami siap melaksanakan arahan yang telah disampaikai oleh Bapak Direktur Kepatuhan Internal, seluruh petugas juga telah kami berikan instruksi untuk menjalankan tugas sesuai dengan arahan” ujar Muhammad Ishak.
Selain itu, ia menambahkan bahwa pengawasan akan diperketat guna mencegah potensi gangguan keamanan dan ketertiban.
Kegiatan ini juga sejalan dengan sapta arahan Kepala Kanwil Ditjenpas Sulteng, Bapak Bagus Kurniawan yaitu untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, WBP dan keluarganya dengan baik, ramah, tanpa pungli, diskriminasi dan korupsi. Sapta Arahan Bapak Kakanwil tersebut merupakan dukungan terhadap 13 program akselerasi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan RI, Bapak Agus Andrianto dan Asta Cita Presiden Republik Indonesia, Bapak Prabowo Subianto.
Dengan adanya pengarahan ini, diharapkan seluruh jajaran Lapas Tolitoli dapat mengoptimalkan pelayanan kunjungan Idul Fitri 1446 H dengan tetap menjunjung tinggi prinsip kepatuhan dan profesionalisme.
Editor : Muh Sain