-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar


Rabu, November 29, 2023

Kalapas IIA Parepare Pimpin Rapat Evaluasi Capaian Kinerja dan Monitoring Pelaksanaan Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM

METRO ONLINE PAREPARE- Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH pimpin langsung pelaksanaan rapat evaluasi capaian Target Kinerja Tahun 2023 dan monitoring pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.Pare pare 28/11/23.

Dimana Target Kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2023 diatur dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor :  M.HH-03.PR.01.03 Tahun 2022 Tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2023. Dalam penyampaian Kepala Lapas IIA Parepare ditegaskan rapat evaluasi hari ini juga menindaklanjuti  Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : SEK-PR.04.02-03 tanggal 6 Januari 2023 perihal Penyampaian Target Kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2023 dimana pada poin pelaporan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Semester II Tahun 2023 yang dikumpulkan pada periode pelaporan Target Kinerja B12, diharapkan Satuan Kerja Lapas IIA Parepare untuk segera menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Satuan Kerja Tahun 2023. 

Selanjutnya dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Satker Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare sangat diperlukan monitoring dan evaluasi pencapaian Pembangunan Zona Integritas atas 6 Area Perubahan guna melakukan proses perubahan secara sistematis dalam penerapan segala aturan dan peningkatan kepuasan pelayanan publik dengan memiliki etos kerja melayani bukan untuk dilayani namun melayani dengan sepenuh hati.

Kecepatan dan ketepatan serta transparansi dalam memberikan pelayanan kepada publik sangat menjadi prioritas dalam perbaikan dan pemutakhiran pelayanan. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi yang lebih obyektif tentang kemajuan, hambatan dan kendala dalam proses Pembangunan Zona Integritas. Laporan monitoring dan evaluasi Pembangunan Zona Integritas Tahun 2023 pada Satker Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare merupakan upaya nyata untuk perubahan dalam penataan Aparatur Sipil Negara yang berkinerja secara PASTI sesuai dengan tata nilai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam mewujudkan satuan kerja instansi pemerintah untuk mendapatkan predikat satker Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas selama ini dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat umum. 

Selanjutnya menindaklanjuti petunjuk dan arahan  Direktur Jenderal Pemasyarakatan Bapak Irjen. Pol. Dr. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M.H., M.Si Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH menggandeng kemitraan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Parepare sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder lainnya melaksanakan kegiatan Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima (Service Excellent) dalam rangka mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM. Hadir langsung Kepala Bank Syariah Indonesia KC Parepare H. Andi Baso Muqsit Tenri Pamaory, S.E. beserta jajarannya, Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH, beserta Seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V dan pejabat fungsional umum serta tertentu lainnya yang tergabung dalam Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM dan akademisi mahasiswa Institut Andi Sapada Kota Parepare. 

Dasar pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Instansi Pemerintah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 1571).

Kegiatan Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima Pada Lapas Kelas IIA Parepare dibuka langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Parepare sekaligus memberikan pengarahan terkait dengan peningkatan budaya pelayanan prima oleh pegawai sebagai penguatan pada area peningkatan kualitas pelayanan publik. Program sosialisasi ini merupakan pelaksanaan kegiatan Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM. 

Sebagai Petugas Pemasyarakatan dalam menjalankan tugas memberikan pembinaan bimbingan dan pelayanan harus dilakukan secara humanis agar masyarakat dan WBP merasa puas dengan pelayanan yang di dapatkan. Dengan pendekatan kultur budaya dan kearifan lokal Kepala Lapas IIA Parepare  mengedepankan falsafah masyarakat Bugis Sipakatau Sipakalebi dan Sipakainge yang  memiliki sebuah arti saling menghormati, saling menghargai dan saling mengingatkan. Pimpinan Bank Syariah Indonesia KC Parepare  sangat mengapresiasi langkah strategi Kepala Lapas IIA Parepare yang berkomitmen mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM melalui peningkatan kualitas pelayanan publik. Selaku mitra kerja Kepala Bank Syariah Indonesia KC Parepare  sangat mendukung program sosialisasi ini. H. Andi Baso Muqsit Tenri Pamaory, S.E.

Selaku narasumber menyampaikan materi tentang Budaya Pelayanan Prima. Pelayanan prima atau juga dikenal dengan excellent service adalah upaya sebuah instansi, organisasi atau usaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Tujuan dari pelayanan prima ini hanyalah satu yaitu membuat pelanggan menjadi puas sehingga dapat meningkatkan aspek lainnya. Secara ringkas narasumber menjelaskan :

1. Pemberian pelayanan harus memastikan dalam keadaan sehat Karna dalam memberikan dalam pemberi layanan harus mentransfer kebahagiaan kepada Penerima Layanan, maka pelayannya harus bahagia lebih dahulu,

2. Prinsip utama dalam memberikan pelayanan semua orang adalah melayani dari hati, memiliki pengetahuan dan solusi yang tepat,

3. Standar dalam pemberian layanan mulai dari orangnya, proses pelayanan, kondisi lingkungan dan inovasi pelayanan,

4. Memperlakukan setiap orang seperti apa yang mereka ingin diperlakukan yaitu memberikan senyum, salam,sapa, semangat, sopan, santun dan  mencarikan solusi,

5. Cara berpenampilan yang baik, sopan dan Santun. 

Acara dilanjutkan dengan panel tanya jawab dan diskusi.

Kepala Lapas IIA Parepare menutup acara sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Bank Syariah Indonesia KC Parepare  beserta jajaran yang telah memberikan penguatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui sosialisasi Budaya Pelayanan Prima  dan diharapkan kerjasama ini dapat berjalan lancar. 

Namun sebelumnya dalam kesempatan yang sama Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH juga memberikan penghargaan kepada 3 Orang pegawai yang memiliki integritas, komitmen dan berkinerja tinggi sebagai pegawai teladan yaitu 1. Simung, S.Ag, MM (Pelaksana), 2. Dedy Sutaryadi R, Amd.IP, SH, MH (Ka. KPLP) dan 3. Nasri Sirappa, SE, M.Si (Kaur Kepegawaian dan Keuangan).

Lapas IIA Parepare terus meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan. Kepala Lapas IIA Parepare berkomitmen meningkatkan mutu Pelayanan Publik Berbasis HAM dan mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.


Editor : Muh Sain 

Selasa, November 28, 2023

Direktur Utama PT Semen Tonasa,Asruddin Menerima Kunjungan Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan

METRO ONLINE,PANGKEP-Bulu Sipong ialah sebuah cagar budaya warisan dunia, kawasan tersebut selalu mendapat perhatian khusus dari PT Semen Tonasa. Concern perusahaan semen tertua di Indonesia Timur ini dalam melestarikan Bulu Sipong terus ditunjukkan. Kali ini dengan menggandeng Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara Bertempat di Ruang Rapat R1 Lantai 3 Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Senin (27/11/2023) 

Direktur Utama Semen Tonasa Asruddin, menerima kunjungan Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX, La Ode Muhammad Aksa.

Direktur Utama Semen Tonasa, Asruddin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan sebuah langkah positif dalam upaya perusahaan untuk menjaga kelestarian Bulu Sipong.

“Pengelolaan dan konservasi Bulu Sipong saat ini masuk ke dalam Corporate Action perusahaan. Dan ini juga menjadi salah satu amanat SIG selaku holding, untuk mengelola Bulu Sipong yang merupakan salah satu harta karun budaya. Karenanya, kami berharap Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX dapat menjadi mitra kami, utamanya dalam melakukan pendampingan untuk pengelolaan dan pelestarian Bulu Sipong ini,”ucap Asruddin.

Disisi lain La Ode Muhammad Aksa selaku Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX, menyebutkan bahwa pihaknya siap untuk membantu PT Semen Tonasa.

“Sebagai lembaga yang ditunjuk Pemerintah untuk mengelola cagar budaya, tentu saja kami siap bermitra dengan Semen Tonasa. Karena Bulu Sipong ini, meskipun berada di area Semen Tonasa, namun secara substansi merupakan milik bersama, aset kita semua. Sehingga, secara langsung maupun tidak langsung, kami juga memiliki tanggung jawab untuk turut serta menjaganya. Dan alhamdulillah, harapan kami pun sejalan dengan keinginan Semen Tonasa yang telah aktif melakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian Bulu Sipong ini sejak bertahun-tahun lalu,”ungkap La Ode.

Dalam pengelolaan dan konservasi Bulu Sipong, Semen Tonasa dengan dukungan para akademisi, pakar, dan unsur-unsur lainnya, telah menyelesaikan Heritage Cultural Management Plan (HCMP).

Dokumen tersebut nantinya akan menjadi blueprint dan pijakan Semen Tonasa dalam hal melestarikan Bulu Sipong.(Thiar)

Kepala Lapas Kelas IIA Pare Pare Menerima Kunjungan Tim Monev Penanganan Pengaduan dan Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM

METRO ONLINE PAREPARE- Lapas IIA Parepare telah Melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Dan Pembangunan Zona Integritas Unit Kerja WBK dan WBBM serta Monitoring dan Evaluasi Pemberitaan Positif Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan melalui SIPPN dan Media lainnya.Pare Pare 27/11/23.

Dasar pelaksanaan Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Nomor : W23.UM.03.07-1313 Tanggal 15 November 2023. Adapun Tim Monitoring dan Evaluasi adalah sebagai berikut : 

1. Ahmad M Mile,  

2. Iman Asyhari  

3. Faisal Noor Farezi.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH yang didampingi Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM menerima langsung kunjungan  sekaligus mengucapkan terima kasih dan sekaligus memberikan apresiasi kepada Tim Monev atas bimbingan dan pembinaannya kepada Tim Pembangunan Zona Integritas Satuan Kerja Lapas IIA Parepare.

 Selanjutnya Bapak Ahmad M Mile selaku Koordinator Tim menyampaikan kegiatan monitoring ini dilaksanakan guna mengevaluasi dan memastikan pencapaian pelaksanaan penanganan pengaduan yang ada di Satuan Kerja  Lapas IIA Parepare apakah telah dilakukan dengan benar. Juga memastikan penanganan pengaduan tersebut apakah telah terlaporkan ke kantor Wilayah. 

Ahmad M Mile menegaskan kegitan ini sekaligus  memonitoring serta memberikan evaluasi pelaksanaan pembangunan Zona Integritas (ZI) pada  Satuan Kerja Lapas IIA Parepare guna memastikan keberlanjutan dan sejauh mana pelaksanaan Pembangunan ZI telah dijalankan, sehingga Tim dapat memberikan pertimbangan - pertimbangan dan masukan untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan Pembangunan ZI.

Hal ini sejalan dengan arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Sulawesi Selatan Bapak Liberti Sitinjak. Selanjutnya Tim melakukan pengecekan dan mengidentifikasi capaian kegiatan Pembangunan ZI, dilakukan juga identifikasi hambatan atau permasalahan sehingga dapat dilakukan perbaikan. Adapun terkait dengan penanganan pengaduan Tim  mengecek berbagai kanal pengaduan yang ada. Tim monitoring dan evaluasi memberikan apresiasi kepada Satuan Kerja Lapas IIA Parepare yang telah menyelesaikan capaian kegiatan pembangunan Zona Integritas. 


Editor : Muh Sain 

Senin, November 27, 2023

Lapas IIA Parepare Berkomitmen Beri Bantuan Hukum Gratis bagi Warga Binaan Bekerjasama Dengan LBH Citra Keadilan

METRO ONLINE PAREPARE- Lembaga pemasyarakatan kelas IIA Parepare, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan. Menggandeng Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Citra Keadilan Kota Parepare dalam memberikan Pelayanan dan Layanan Hukum secara gratis bagi tahanan narapidana, Warga binaan di Lapas IIA Parepare

Kolaborasi tersebut bagian dari Tujuan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham sebagai pelaksanaan dalam mewujudkan penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan HAM bagi WBP dibidang hukum secara gratis dan berkualitas

“Kerjasama dibidang hukum Antara Lapas Parepare dengan LBH Citra Keadilan ini diharapkan dapat memberikan pelayanan / pendampingan hukum berkualitas bagi para tahanan / narapidana WBP yang sedang berproses hukum banding di pengadilan tinggi, Kasasi hingga peninjauan kembali (PK) ditingkat mahkamah Agung secara gratis dan tinted,” ungkap Totok Budiyanto, Kepala Lapas IIA Parepare. Jumat, 24 November 2023.

Intinya, bagi WBP yang sedang dalam proses Hukum banding, “Monggo, Lapas menyiapkan Layanan pendampingan Hukum berkualitas, gratis,” ucapnya, menunjuk Ruangan Kantor Pos Bantuan Hukum (Posbakum) didalam kompleks Lapas.

Gayung bersambut, Saharuddin Abu, SH Ketua LBH Citra Keadilan. Juga respek dengan berbagai giat yang digagas bersama beliau (Kalapas Totok Budiyanto) sebagai tindak lanjut dari MoU berkelanjutan di Lapas IIA Parepare dalam memberikan Layanan pendampingan hukum gratis bagi WBP yang sedang mengajukan proses banding hingga PK

“Kami (LBH Citra Keadilan) beberapa waktu lalu Sudah ke-9 Kali menggelar penyuluhan hukum di Lapas IIA Parepare, dengan prioritas peserta para tahanan dan narapidana (WBP) Sebagai Bantuan Hukum Non Litigasi,” sebut Saharuddin Abu, SH.

Konsistensi tindak lanjut MoU dengan Kalapas Totok Budiyanto, Advokat/Pengacara terkenal didaerah ini (Saharuddin Abu), menempatkan 2 stafnya (Dian Anggreni Darwis dan Riska Roman Sulila) yang standby di Kantor Posbakum Lapas IIA Parepare untuk Selalu siap setiap waktu melayani permintaan Bantuan Hukum Warga Binaan gratis (Kurang Mampu) yang hendak membutuhkan Pelayanan sekaitan pendampingan hukum bagi para WBP yang ingin atau telah sedang dalam proses hukum banding untuk disemua tingkat pradilan.

“Alhamdulillah, salahsatu Warga binaan Lapas Parepare yang berproses banding di MA (PK). Putusannya turun hari ini (27/11/23),” bebernya singkat,Senin,(27/11/2023), pagi via Saluler.


Editor : Muh Sain 

Wujudkan Pelayanan Prima Rutan Pangkajene Bangun Ruang Layanan Terpadu

METRO ONLINE Pangkep - Rutan Pangkajene terus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna layanan, salah satunya dengan melakukan pembangunan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Senin (27/11).

Ruang PTSP Rutan Kelas IIB Pangkajene yang sedang dalam proses pembangunan ini, diproyeksikan menjadi tempat yang menyediakan beragam layanan publik, seperti pendaftaran kunjungan, layanan informasi, layanan pengaduan, dan sebagainya. Hal ini merupakan wujud keseriusan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. 

Kepala Rutan, Hakim Sanjaya mengungkapkan bahwa pembangunan PTSP ini merupakan bentuk komitmen Rutan Kelas IIB Pangkajene untuk terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna layanan.

"PTSP ini kami bangun tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan kepuasan terhadap masyarakat terhadap layanan yang kami berikan kepada mereka.", ucap Karutan.

Dengan adanya Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan Rutan Kelas IIB Pangkajene dan masyarakat pengguna layanan dapat lebih nyaman dan lebih mudah dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.


Editor : Muh Sain 

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved