-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar


Jumat, Juni 21, 2024

Dukung Hanpangan Nasional, Pangdam XIV/Hsn Tinjau Lokasi Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Pangkep

METRO ONLINE,PANGKEP-Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 1421/Pangkep untuk meninjau lokasi pompanisasi sawah tadah hujan di Kampung Lokae, Desa Manggalung, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep. Kunjungan ini dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan guna mewujudkan swasembada pangan nasional. Jumat, (21/06/2024).

Berbagai program dukungan dari Kementan RI untuk petani, seperti pompanisasi, bantuan bibit dan pupuk, optimalisasi lahan, serta bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) merupakan langkah konkret yang dilakukan untuk meningkatkan produksi beras nasional dan kesejahteraan petani. Selaras dengan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Pangdam XIV/Hasanuddin dalam kesempatan ini, menegaskan siap membantu, mengawal, dan mensukseskan program-program pemerintah di bidang pertanian. Ia pun mengajak seluruh pihak untuk terus menjadikan Sulawesi Selatan sebagai lumbung padi nasional dengan memanfaatkan dan menambah lahan  persawahan maupun budidaya tanaman pangan yg lain secara optimal.(thiar)

Kalapas Bekerjasama Dengan Bank Mandiri KCP Patompo Kota Parepare Gelar Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima dalam Rangka Wujudkan Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM.

METRO ONLINE PAREPARE- Bertempat di Lapas IIA Parepare telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima (Service Excellent) dalam rangka wujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM menindaklanjuti petunjuk dan arahan PLT. Direktur Jenderal Parepare 21/06/24.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH menggandeng kemitraan Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Patompo Kota Parepare sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder lainnya. Jumat, (21/06/2024), yang di mulai sekitar pukul 09.00 wita sampai dengan selesai.

Hadir Kepala Bank Mandiri KCP Patompo Kota Parepare Andi Azhari Zainuddin beserta jajarannya, Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH, beserta Seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V dan pejabat fungsional umum serta tertentu lainnya yang tergabung dalam Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.

Dasar pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Instansi Pemerintah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 1571).

Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima Pada Lapas Kelas IIA Parepare dibuka langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Parepare sekaligus memberikan pengarahan terkait dengan peningkatan budaya pelayanan prima oleh pegawai sebagai penguatan pada area peningkatan kualitas pelayanan publik. Program sosialisasi ini merupakan pelaksanaan kegiatan Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM.

Sebagai Petugas Pemasyarakatan dalam menjalankan tugas memberikan pembinaan bimbingan dan pelayanan harus dilakukan secara humanis agar masyarakat dan WBP merasa puas dengan pelayanan yang di dapatkan.

Dengan pendekatan kultur budaya dan kearifan lokal Kepala Lapas IIA Parepare mengedepankan falsafah masyarakat Bugis Sipakatau Sipakalebi dan Sipakainge yang memiliki sebuah arti saling menghormati, saling menghargai dan saling mengingatkan.

Pimpinan Bank Mandiri KCP Patompo Kota Parepare Andi Azhari Zainuddin dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi langkah strategi Kepala Lapas IIA Parepare yang berkomitmen mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM melalui peningkatan kualitas pelayanan publik. Selaku mitra kerja Kepala Bank Mandiri KCP Patompo Kota Parepare sangat mendukung program sosialisasi ini.

Ira musfira selaku Servicr Quality Officer dan Abd Kadir Arisaid Selaku unsecure loan manager sebagai narasumber menyampaikan materi tentang Budaya Pelayanan Prima. Pelayanan prima atau juga dikenal dengan excellent service adalah upaya sebuah instansi, organisasi atau usaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Tujuan dari pelayanan prima ini hanyalah satu yaitu membuat pelanggan menjadi puas sehingga dapat meningkatkan aspek lainnya. Contohnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat setiap orang harus saling menghargai perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan, memberikan bantuan tanpa di minta serta senantiasa responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk menjadikan Pelayanan Prima menjadi budaya petugas Lapas IIA Parepare, maka dapat dilakukan teknik 7A+1S yaitu Attitude, Attention, Action, Ability, Appearance, Accountability, Affirmation, dan Sympathy. Acara dilanjutkan dengan panel tanya jawab dan diskusi.

Kepala Lapas IIA Parepare berkenan menutup acara sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Bank Mandiri KCP Patompo Kota Parepare beserta jajaran yang telah memberikan penguatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui sosialisasi Budaya Pelayanan Prima dan diharapkan kerjasama ini dapat berjalan lancar.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH memberikan penghargaan kepada 3 orang pegawai yang memiliki integritas, komitmen dan berkinerja tinggi sebagai pegawai teladan yaitu 1. Abdullah, SH, M.Si (Kepala Seksi Kegiatan Kerja), 2. Zulkifli (Petugas Pengamanan) dan 3. Andi Trie Handayani (Staf Pengamanan). Pemilihan dilakukan secara poling.


Editor : Muh Sain 

Penuhi Hak kesehatan Lansia Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli Rutin Berikan Makanan Tambahan Dan Memeriksa Kesehatan

METRO ONLINE Tolitoli - Dalam upaya meningkatkan gizi dan mengoptimalkan Layanan Kesehatan Lapas Kelas IIB TolitoliTolitoli,  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah Memberikan makanan tambahan dan memeriksa kesehatan bagi kelompok rentan atau lansia sebagai upaya mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik (21/06/2024). 

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan oleh perawat Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli guna mendukung terjaganya kondisi, fisik dan kesehatan selama menjalani proses pembinaan sekaligus memantau perkembangan kesehatan mengingat para kelompok rentan/ lansia memiliki riwayat sakit yang berkelanjutan sehingga memerlukan pengawasan khusus dari segi gizi dan kesehatannya. 

Muhammad Ishak selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli mengatakan "kegiatan ini bukan hanya sekadar pemberian makanan tambahan, tetapi juga merupakan simbol kepedulian dan perhatian yang mendalam kepada warga binaan Lansia, ini adalah wujud nyata bahwa Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli trus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan sebaik mungkin karena setiap warga binaan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik sehingga mereka merasa lebih diperhatikan dari segi kesehatannya."

"Selain diberikan tambahan makanan untuk pemenuhan gizi, kami juga sering rutin diperiksa kesehatan kami sehingga kami merasa lebih diperhatikan sebagai warga binaan dan tidak lupa juga kami berterima kasih kepada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli sudah sangat baik memperhatikan dan merawat kami," Ucap salah satu warga binaan lasia yang tidak mau disebutkan namanya. 

Semoga seluruh warga binaan  khususnya lansia sehat dan terpenuhi hak haknya sehingga terwujudnya pelayanan prima di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli.


Editor : Muh Sain 

Kontrol Keliling Rutin Blok Hunian, Regu Pengamanan Terus Berupaya Ciptakan Rasa Aman dan Tertib didalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli

METRO ONLINE Tolitoli - Karupam ( Kepala Regu Pengamanan ) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah rutin laksanakan Kontrol Keliling (Trolling) sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban. Jum'at, 21 Juni 2024.

Kontrol keliling, merupakan agenda wajib jajaran pengamanan di Lapas maupun Rutan. Sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Penyelenggaraan Keamanan dan Ketertiban Pada Satuan Kerja Pemasyarakatan, Kontrol adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengendalian secara seksama terhadap sasaran pelaksanaan tugas pengamanan. Ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban pada Lapas atau Rutan.

Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Reynhard Silitongan terhadap 3+1 kunci Pemasyarakatan, yang salah satunya yaitu Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban.

Selain sudah menjadi tugas dan tanggung jawab regu pengamanan, hal tersebut juga dilaksanakan sebagai bentuk deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang bisa menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan.

Disela-sela giat trolling tersebut, Karupam maupun anggota Regu Pengamanan menyempatkan untuk berbincang dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), selain untuk memastikan kondisi blok hunian dalam keadaan aman, trolling dilakukan untuk memastikan WBP dalam keadaan sehat.

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli (KPLP), Ashar menjelaskan bahwa tujuan melakukan kontrol blok hunian secara rutin adalah untuk mengetahui secara langsung keadaan blok hunian, baik dari keadaan kamar, kebersihan, lingkungan blok, pengecekan terhadap sudut-sudut bangunan yang rentan terjadi pelarian, atau dijadikan tempat persembunyian barang terlarang dan sarana keamanan serta kondisi kesehatan dari para WBP itu sendiri. “Semoga Lapas Tolitoli selalu aman, tertib dan kondusif”, ujarnya.


Editor : Muh Sain 

Waspada Jangan - Jangan, Geledah Ketat Barang Dan Pengunjung Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Tolitoli

METRO ONLINE Tolitoli - Lembaga pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah. Petugas melakukan penggeledahan barang dan pengunjung  dengan teliti serta mengecek setiap barang dan makanan yang masuk kedalam Lapas dicek tanpa kecuali pada Jumat (21/06/2024).

Dibawah Kepemimpinan Muhammad Ishak Sebagai Kepala Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Tolitoli memang berkomitmen penuh untuk menjaga Lapas Tolitoli bersih dari Halinar salah satunya dengan upaya ini melakukan penggeledahan barang dan pengunjung tanpa terkecuali.

“Sebagai upaya Deteksi dini yang harus dilakukan salah satunya dengan menggeledah setiap barang makanan dan orang yang masuk ke dalam Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Tolitoli agar tercipta Lapas yang aman dan kondusif. Apabila setelah dilakukan penggeledahan terdapat barang terlarang yang melanggar hukum tentunya kita serahkan kepada pihak kepolisian untuk dapat diproses sesuai dengan hukum yang berlaku." Ungkap Muhammad Ishak.

Setiap langkah penggeledahan dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku serta menjadikan Lapas Tolitoli untuk mewujudkan Zero Halinar. Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Tolitoli secara berkesinambungan berupaya menjaga kebersihan dari barang-barang terlarang sehingga Lapas tetap menjadi lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif. Hal ini merupakan bagian integral dari komitmen Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Tolitoli dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari barang-barang terlarang, mendorong terciptanya Lapas yang aman dan kondusif.


Editor : Muh Sain 

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved